Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 hari tinggal di philipina

Tidak terasa sudah 5 hari saja tinggal di sini, untuk melakukan sebuah pekerjaan pengalaman 5 hari disini ada banyak yang bisa saya ceritakan  diantaranya cuaca. cuaca disini hampir sama seperti di indonesia yaitu ketika siang tidak terlalu panas namun ketika masuk ke malam hari cuaca terasa dingin.

Apa mungkin karena saya tinggal di hotel yang selalu pakai ac menyala terus namun saya sangat jarang pakai ac ketika dingin langsung saya matikan itu pengalaman saya

kalau keadaan sekitar disini tidak terlalu banyak lampu merah hanya jalan besar yg memakai lampu merah selain itu driver disini lebih santai juga dalam mengendarai mobil jadi mereka selalu berhenti setiap mau berbelok atau jalan karena takut ada yang nyebrang padahal tidak ada mobil yang nyebrang.

Mall di sini berbeda sekali dengan di indonesia kalau di indonesia mall itu besar gedung besar yang di tematkan berbagai macam toko restokan bahkan hiburan kalau disni seperti ruko2 yang berjajar kemudian untuk tempat bermainnya di luar selain banyak sekali restoran dinai yang hanya asli dari spayol merk-merk amerika mungkin tidak terlalu banyak yah.

fasilitas yang gratis juga sama disini seprti di indonesia tidak terawat dan bau seperti toilet gratis yang ada di sini bau karena gratis berbeda dengan yang berbayar mungkin lebih rapih dan wangi juga

kalau dari manusianya hampir semua orang bisa berbahasa inggris walaupun tidak begitu fasih karena kemarin dengan supir julius,mj sebagai pic di sini saja menurut saya lancar dalam berbahasa inggris jadi lebih cepat dalam melakukan sebuah instruksi  

selain itu disini juga tidak mengenal fisik yang di kedepankan adalah skill kemampuan yang dipunya karena banyak orang isuzu yang badannya bertati sampai lengan selin itu mereka juga pakai anting kalau kita 2 liat di youtube mereka seperti itu tidak jauh sama ada juga yang memng tidak pakai spert transleteor kemarin memakai tato dan anting selain itu rambutnya panjang.

Mereka kalau berangkat tidak berseragam kerja kantin siang kita harus beli kalau cuman nasi doank paling cuman 20 peso kira-kira seharga kalau di rupiahkan size untuk ukurannya juga ada 2 macam pertama yg setengah  yang satu lagi ukuran 1. 

Menurut saya biaya hidup disini cukup murah namun kembali kalau bagi orang philipine apakah memang mahal karena mungkin ukurannya berbeda.

Baik di taman jalan-jalan  saya hampir tidak pernah melihat orang yg merokok di tempat umum ataupun di tempat makan,sangat tidak ada sama sekali yang merokok pernah waktu itu jalan-jalan ke mall selesai makan malam.

Saya nongkrong dulu di taman dan tidak ada satupun melihat orang yang merokok .Akhirnya niatan saya untuk merokok tidak jadi.takut memang ada aturan tidak boleh merokok.

Disini banyak orang jepang  bekerja di philipine baik yang menetap atupun panggilan sebagai tenaga ahli engineering untuk memperbaiki sebuah mesin.saya mempunyai kesimpulan bahwa jika kita seorang maker pembuat mesin maka kita akan di panggil oleh orang-orang pemakai sebelumnya. walaupun kita tahu tidak semuanya orang jepang itu bisa.

Kembali lagi..sebenarnya yang memang mempunyai andil adalah orang jepang atau kemana pun kita pergi pasti ada orang jepangnya mungkin saja kalau pic bukan orang jepang mereka juga tidak begitu mempercayainya soalnya apa yang punya uang adalah orang jepang dan yang memegang sebuah keputusan uang juga mereka sekelas.

Ke philipine juga karena memang isuzu adalah sebuah perusahan jepang yang berlokasi di philipine akhirnya mereka meminta spv untuk memperbaiki mesin dowa kebetulan ada juga orang jepangnya kalau menurut saya orang jepang harus ada kedepannya jangan hanya orang indonesia 

karena disini pemilik perusahaan pasti melihat dulu orang jepang dan selanjutnya adalah skill kemampuanya.

Seperti sekarang saja saya bersama nissho denki Subcontactor bagian elektrical mereka datang 2 orang tapi 1 orang sangat sikll sekali karena mungkin dia bagian programer dan satu orang lagi santai saja saya pikir dia hanya sebagai teknisi saja yang memasang dan wiring kabel.Setelah saya klarifikasi kepada nagashima memang benar si watanabe itu bagian wiring doank jadi dia tidak bisa program.