Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Check-in dan Boarding Pass

Pengertian Check-In

Check-In Konvensional


Check in adalah proses konfirmasi calon penumpang pada sebuah maskapai penerbangan sesaat sebelum menaiki pesawat terbang.

Check ini bisa di lakukam secara manual di setiap counter maskapai atau secara mandiri yang bisa di lakukan pada mesin check in yang di sediakan di setiap bandara.

Saya sendiri biasa melakukan check in dengan cara manual karena menurut saya lebih aman selain itu sekaligus juga untuk melakukan penimbangan koper yang akan di simpan di bagasi.

Check-In Mandiri



Pengertian Boarding Pass


Boarding pass adalah dokumen akses untuk menaiki pesawat yang di berikan oleh pihak maskapai penerbangan kepada calon penumpang yang telah melakukan proses konfirmasi keberangkatan (check in)

Boarding pass bisa di peroleh setelah kita melakukan chek in ulang terlebih dahulu di setiap konter baik itu secara manual ataupun online seperti yang di jelaskan di atas.

Selanjutnya kita akan memperoleh cetakan boarding pass yang biasanya berisi identitas diri,gerbang gate berapa,nomor penerbangan,waktu boarding ,nomor kursi dan sebagianya.artinya keperluan untuk penerbangan sudah tertulis di boarding pass yang berukuran kecil.

Boarding Pass