Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Check-in di Bandara

1.Check Terminal Pemberangkatan

Cara check-in pesawat di bandara soekarno hatta pertama-tama hal yang perlu di perhatikan adalah terminal keberangkatan.jadi bagi teman-teman yang berangkat naik pesawat untuk pertama kalinya sebaiknya cek terlebih dulu no terminal pemberangkatan.Perlu teman-teman ketahui bahwa di bandara soekarno hatta  memiliki 3 terminal. yaitu terminal 1,2 dan 3

Terminal 1 adalah terminal untuk keberangkatan domestik 

Terminal 2 -3 adalah terminal untuk keberangkatan domestik dan internasional 

Karena saya sekarang akan ke luar negeri (philipina) maka saya memilih di turunkan di terminal 3.Tulisan di E-ticket tertulis terminal 3.

Sesampainya di bandara saya di drop pas depan pintu gerbang terminal 3. ketika masuk area umum kita harus di cek terlebih dahulu.bawaan yang umum di periksa adalah cover,tas gendong dan tas selendang serta sabuk,


umumnya  untuk pengecekan pertama ini pertama pada lolos.

Tips : Cek terminal pemberangkatan anda di document e tiket yang sudah di beli seperti ini.

E-Ticket



2.Check-In di Konter 

Jika sudah melewati jalur pengecekan pertama, nanti teman-teman akan di  sajikan papan besar yang menampilkan jadwal keberangkatan serta konter check in.

Waktu itu saya tidak tahu jadi saya menanyakan terlebih dulu ke bagian resepsionisnya padahal kalau kita tahu tinggal cek saja di bagian papan besar

perlu di ingat konter cek in biasa membuka 4-6 loket dari no penerbangankan keliatan PR 536.ada yang VIP dan ada yang ekonomi awas jangan salah masuk

Untuk check konter cek in juga cukup mudah bisa melihat dipapan informasi no berapa pemberangkatan,dan biasanya di kertas e ticket juga sudah ada tulisannya philipine airline.kalau sudah siap-siap untuk berangkat ke petugas konter check in.

Konter Check-In


 3.Menyiapkan Dokumen Pendukung

Sebelum masuk ke konter chek in sebaiknya sobat menyiapkan terlebuh dahulu dokumen yang di perlukan seperti passport,ktp dan juga e-tiket .

Kebetulan saya sudah menyiapkan berkas-berkas yang di perlukan jadi tinggal masuk antrian.


tips :siapkan berkas/document perjalanan secara lengkap dan terpisah bisa bawa tas khusus.

4.Siapkan e-ticket dan Identitas ke Petugas Check -in

Setelah di depan petugas check-in ( biasanya antri panjang) dokumen tadi yang sudah disiapkan akan di minta oleh petugas check in.

Jadi kawan siapkan dengan benar Petugas akan memverifikasi dengan cara memoto kita sera menyamakan dengan passport.

di tanyakan tentang e travel karena kita akan ke luar negeri philipina menganjurkan untuk mengisi e travel sebagai assesment mengikuti aturan mereka.

Barcode E-travel


5.Pick-up bagasi untuk di pesawat

Kalau masalah dokumen anda sudah bagus Selanjutnya bagasi kita akan di pickup karena koper bawaan saya cuman 23 kg jadi tidak masalah.

Memang ketentuan di tiket bawaan koper kita adalah 30 kg. masih aman sebaiknya kalau teman-teman ingin membawa barang tajam dan lain lebih baik masukan ke bagasi yang buat di pesawat dan cover yang kecil bisa di bawa ke kabin karena banyak juga orang-orang yang membawa cover kecil ke dalam pesawat kabin,

Tips;siapkan berbagai document secra hard copy (kertas) biar lebih mudah dan cepat 

6.Simpan Boarding Pass Dengan Aman

setelah urusan koper tadi aman maka sobat daps akan di kasih boarding pass sepeti ini jadi harap simpan dengan mudah karena ini akan di cek kembali pada saat memasuki area boarding pass.selama boarding pass sudah di dapat sobat bisa makan terlebih dahulu.



7.Masuk ke Area Pintu Imigrasi

Nanti setelah dapat boarding pass kita di arahkan ke penyeleksian ke 2 yaitu imigrasi.Masuk ke pintu screening bagian imigrasi.

Di bagian ini akan cek soal bawaan yang di bawa ke kabin akhirnya yang punya saya kena sidak temuan gunting dan juga obeng kecil.

Sebanyak 3 kali bawaan saya harus di cek selain itu laptop juga harus di pisahkan jangan disamakan.jadi bawaan yang tajam di bagian ini tidak boleh di bawa.

tips; koper yang di bawa ke kabin jangan melebihi batasan dan juga tidak membawa senjata tajam gunting,obeng dll


8.Pemeriksaan Imigrasi

Selanjutnya pemeriksaan imigrasi disini akan di tanyakan kepergian kita kemana untuk apa berapa hari dan mau kemana kalau negara indonesia  tanyakan cuman pergi kemana dan keperluan apa saja. bilang bisnis selama 8 hari  kalau dari sini sudah oke maka kita bisa masuk di boarding launge bahkan di disini menunggu hampir satu jam.

tips; usahakn tetap santai pada saat di tanyakan oleh petugas imigrasi dan siapakan kelaenkapan dokumen tadi jika di tanyakan seperti ke kota mana tinggal dimana selama berapa hari nanti bertemu dengan sapa 

Pemeriksaan Imigrasi


9.Melanjutkan Perjalanan ke Boarding Languge

Setelah keluar dari imigrsi ini kita sudah hampir 70 persen untuk bs masuk ke pesawat  harus jalan ke pintu 3 karena pintu ini khusus untuk kunjungan negara jadi perbagian pintu ada tujuan negaranya seperti negara dubai berada di pintu 8 jadi pintu tiga untuk philipine ini jauh banget di ujung,

karena gate 3 ini sangat di ujung dan mungkin membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai gate jadi perhatikan gate yang sudah di tuju.


10.Menunggu di Bagian Boarding Lounge

Di ruang tunggu pesawat, saya cukup lama menunggu hampir satu jam.pikir disini banyakan orang yang asli negara philipina,ketemu dengan bagian orang papua new guine daerah perbatasan saya pikir negara tersebut masuk dalam negara indonesia ternyata tidak termasuk hanya perbatasan saja.nanti saya akan di bahas mengenai obrolan dengan beliau.

Walaupun kita sudah ada di bagian tunggu tetap  memang sudah di panggil tetap santai biasanya orang pertama yang di panggil adalah kelas bisnis terlebih dahulu selanjutnya sesuai nomor 

Setelah itu naik pesawat juga tetap ada antrian biasanya di cek dulu dari bagian first class di lanjut dengan huruf a kemudian b jadi di pintu tersebut terpampang no urut a-h selanjutnya baru K karena saya bagian k jadi saya lebih banyak duduk dulu di kursi menunggu yang lain masuk ke sana,


Ruang tunggu