Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fan Patah


Apa Masalahnya

Fanshaft patah

Dimana Masalah terjadi di perusahaan a**i stkm 100 bagian heat rizing,sayapnya

Kapan Masalah terjadi

18 april 2022 jam 13.00

Siapa Orang yang Menemukannya

Pak yoga,bagus serta irvan

Bagaimana kejadiannya

Baru saja bangun siang setelah melakukan sholat dzhuhur di mushola dowa pak irvan mendapatkan informasi bahwa fanshaft yang berada di mesin stkm 100 bergetar.dari pak yoga di berikan gambar photo dan videonya.

Intruksi cepatnya adalah dengan mematikan mesin di injek nitrogen setelah mesin mati pak yoga tetap meminta untuk kami datang ke sana untuk investigasi bersama serta bagiamana tindakannya.

Setelah melewati kemacetan disekitaran kawasan industri kiic,Kira-kira jam 3 baru sampai lokasi.Akhirnya kami langsung di jemput pos security tanpa harus melakukan pengecekan dokumen dan lain-lain

Sampainya di lokasi mesin,ternyata mesin sudah mati.suhu mesin masih 870 sementara untuk pintu rear quenching terbuka.

Untuk melihat kondisi fan seperti apa maka pintu depan di buka beberapa menit melihat kondisinya seperti bagaimana

Dilihat sekilas ternyata benar saja fan potong di bagian sayapnya. dari 4 pcs tersisa 3 pcs.karena kondisi panas jadi kita melihatnya tidak terlalu lama hanya sebentar saja.

Setelah hasil pengecekan kami pun di bawa ke ruangan meeting bersama dengan takasi sacho dan sopian dari dti untuk melakukan meeting tindakan yang perlu di lakukan

Dari hasil meeting tersebut di dapat bahwa semua proses a**i harus di limpahkan ke DTI dan mesin harus stop selain melakukan proses dti perlu juga trial agar hasil agus.target untuk tgl 23 harus sudah jalan.dan hari ini mereka meminta untuk di tanggal  20 harus di lakukan pergantian fanshaft karena mesin sekarang sudah di suhu 400 c.

 

Akhirnya pada hari rabu 20 april untuk pergantian fan sudah bisa dilakukan saya bersama dimas dan 3 orang manpower dadan,mustofa dan dobi bersama sama untuk melakukan perbaikan fan ini.

 

Dari pembongkaran fan mmebutuhkan waktu yang sangat cepat sekali mulai dari jam 8 dan selsai di jam 10 kirakira cuman butuh 2 jam saja untuk pembongkaran dan juga ceaning.

 

Selanjutnya saya menunggu informasi mengenai pengiriman part yang akan di kirim,menurut informasi part sudah di kirim jam 9 dan sekarang sudah dalam perjalanan,estimasi part sudah sampai di akasi sekitar jam 11-12.

 

Memang benar driver sudah keluar pintu tol karawang timur dan mau ke lokasi,tapi sebelum masuk kawasan mobil isi solar dan emoney dulu kemudian melanjutkan ke area akasi ada kejadian mogok mobilnya.tepat di perempatan yang mau ke pt akasi.

 

Sehingga delay pengirimannya saya dan kawan akhirnya membawa part tersebut dengan menggunakan mobil veloz.karena semua pic akasi menunggu.langsung hari itu juga kami selesaikan pergantian fan.Alhamdulilah jam 14;30 pergantian fan sudah selesai.dilanjut dengan cek pergerakan fan serta roller.setelah oke kami melakukan trial dengan jig kosong.

 

Pada pukul 17;00 mesin sudah di heat up menurut informasi heat-up sampai dengan seasoning membutuhkan waktu 20 jam kira-kira.kalau mesin di heat up hari ini kemungkinan akan bisa di tes pada hari jumat malam atau sabtu pagi