Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanggung jawaban ipakar

Tak terasa waktu berjalan begitu cepat.Selama 6 tahun semenjak saya meninggalkan perusahaan yang sudah membesarkan saya mulai dari bujang sampai akhirnya mempunyai 2 anak.

Selama 6 tahun itupula saya meninggalkan status anggota dan pengurus organisai IPAKAR.Sebuah perkumpulan putra-putra daerah yang bekerja di salah satu perusahaan daerah KIIC.kami biasa menyebutnya ikatan putra karawang kalau disingkat menjadi IPAKAR.

Selama 6 tahun itupula di dalam hati saya masih ada ganjalan mengenai tugas -tugas yang belum sempat di selesaikan.Pelaporan pertanggung jawaban sebagai ketua ipakar Periode 2015-2017 

Sebuah tanggung jawab yang harus segera selesaikan walaupun masa jabatan itu tidak secara penuh saya jalani dan kerjakan.karena terhalang beberapa agenda besar.

Alasan Dibuat Umum Laporan 

Alasan pertama adalah karena waktu dan jarak yang sudah tidak bisa berkomunikasi dan silaturhami secara intens  karena berbagai kesibukan para anggotanya.baik yang masih bekerja di DNP ataupun yang sudah berkarir di dunia luar

Semoga melalui tulisan ini bisa menjadi jembatan bagi  saya secara pribadi khususnya sebagai ketua ipakar periode 2015-2017 untuk mengumumkan program kerja ipakar kepada para anggotanya.

Besar harapan saya semoga saja tulisan ini bisa meringankan masalah-masalah diantaranya

  • Meringankan timbangan saya di akhirat kelak jika di tagih
  • Mempertanggung jawabankan semuanya selaku ketua dan pengurus ipakar yang tidak tuntas
  • Agar tidak terbawa ke akhirat 
  • Menjadi hutang saya 
  • tidak menjadi beban lagi
  • biar lebih lancar lgi usaha dan rezeki saya
  • tidak ada salah paham atau sangkaan di antara para anggota ipakar


Masalah mengenai laporan pertanggung jawaban ini sudah lama ingin saya tulis.Bahkan semenjak saya sudah berada di pekerjaan baru, 

Saat itu saya sangat ingin menyelesaikan dengan cepat.

Namun karena satu dan lain hal akhirnya baru sekarang saya bisa menuliskannya. Pada saat itu saya berpikiran mungkin banyak anggota yang tidak banyak menanyakan dan menerima.

Soalnya mereka sudah berada di dunia berbeda juga

Tapi hati ini tidak bisa di bohongi begitu saja,dalam hati kecil saya berkata bagaimana pun keadaan mereka.

Saya harus segera untuk menyelesaikan masalah besar ini.

Karena Ini akan menjadi dosa yang akan terus di bawa sampai kau mati.

Semoga teman-teman yang membaca artikel ini bisa mengerti dengan jelas,Memahaminya.

Selain itu juga memberikan penjelasan yang lebih akurat.Serta memberitahukan kepada rekan kerja yang lain.

Waktu Proses Peralihan 

Kepengurusan organisasi IPAKAR di bawah komando saya.Menurut aturan organisasi belum sah.

Karena setelah di adakan pemilihan ketua ipakar semenjak itu belum ada proses secara resmi serah terima jabatan.

Dari kepengurusan lama yang di komandoi oleh pak wahyu sampai ke kepengurusan yang baru.

Saat itu kami selaku karyawan mempunyai hajatan besar dengan managemen.yaitu perundingan perubahan jam kerja.

Sehingga perhelatan pelantikan dan serah terima jabatan tidak bisa di laksanakan.

Bulan Pertama Memegang Amanah 

Setelah penetapan ketua Ipakar yang baru melalui program pemilihan.Kemudian saya bersama kawan-kawan lain melakukan sebuah pertemuan untuk membahas program kerja ipakar dua tahun ke depan.

Acara di adakan di lokasi angkringan daerah niaga.Peserta yang hadir mulai dari shift abc dan nonshift sudah diwakilkan kurang lebih terkumpul 15 orang pada waktu itu.

Hasil dari pertemuan tersebut langkah awalnya adalah membuat diagram organisasi serta  beberapa peralatan (Dokumen) untuk di bagikan kepada badan kordinator (Bakor) tiap shift.Adapun peralatan yang akan di berikan seperti map.buku AD/ART Organsasi IPAKAR.list Anggota Ipakar dan alat tulis lainya.

Pecah Mogok Kerja 

Belum juga mulai program kerja ipakar sudah ada PR Besar bagi saya dan anggota ipakar lain sebagai pekerja.mengawal perjuangan serikat pekerja dengan management perusahaan untuk mendapatkan haknya. Dalam kasus perundingan  jadwal kerja.

Tepat pada hari kamis 9 april 2015 pecah mogok kerja  antara serikat pekerja dan juga managemen karena tidak ada kesepakatan perubahan kerja.

Akhirnya semua aktivitas dan program kerja IPAKAR yang sudah di susun dalam pertemuan sebelumnya ditunda sampai waktu yang belum bisa di tentukan.bahkan tidak ada satupun yang bisa di jalankaan sesuai dengan rencana awal.

Semenjak itu saya bersama kawan-kawan lain lebih memfokuskan permasalah pada perjuangan serikat pekerja.serta uang kas IPAKAR yang ada harus banyak di alokasikan untuk perkumpulan sesama anggota dan mendampingi perjuangan.

Aktivitas yang kami lakukan sejak terjadinya peristiwa mogok kerja adalah mulai dari divisi internal,external sampai dengan sosial masih bisa berjalan dengan baik.

Divisi Internal

Pada saat awal-awal perjuangan untuk mengawal perundingan beberapa anggota ipakar turut hadir dalam acara menjaga pos perjuangan dengan melakukan menginap di barak yang sudah di siapkan oleh serikat pekerja untuk mengawal perjuangan 

beberapa anggota ipakar yang hadir makanya dari uang kas keluar 18 april 2015 sebanyak 250.000 25 mei 2015 sebagai logistik makan malam,cemilan dan minuman bagi anggota ipakar yang jaga di pos tersebut.(ini di peruntukan bagi anggota ipakar saja) 


berjalan waktu selama 3 minggu perjuangan kami belum juga menemukan titik kemenangan dan selama 3 minggu tersebut juga banyak informasi yang menggangu beberapa anggota mogok kerja berubah pikiran karena hasutan dari beberapa oknum yang memanfaatkan kondisi seperti ini. Ajakan  masuk dan ikut kerja kembali.

maka kami melakukan sebuah pertemuan untuk membahas masalah tersebut di rumah pak wahyu hampir 10 orang yang hadir dalam acara tersebut untuk mencari solusi dan permasalah apa yang terjadi? kenapa oknum tersebut mencoba untuk menarik beberapa anggota dan membujuk masuk kerja?

Sementara  dana yang harus di keluarkan sebanyak 350.000 ribu untuk konsumsi meeting kali ini. 

Sudah hampir 1 bulan mogok kerja belum di temukan juga titik pertemuan atau hasil selanjutnya  di adakan pertemuan kembali dengan sesama anggota ipakar di rumah pak mulyadi untuk membahas apa tindakan yang harus di lakukan sebanyak 350.000 ribu harus keluar untuk konsumsi.

membahas dari hasil meeting tersebut di sepakati untuk melakukan pengaduan ke pihak Anggota Dewan DPRD kab karawang dan juga disnaker karawang.

Melakukan pertemuan dengan ketua DPRD Kab. karawang dengan beberapa anggota ipakar dan juga pengurus dari serikat pekerja.hasil dari pertemuan tersebut mencoba mencari permasalah dan kemudian mencari solusinya sebanyak 800 ribu.

kita di terima dengan baik oleh beliau lalu menerima laporan kesalahan dan kecurangan yang di lakukan oleh perusahaan dan tuntutan kita bisa masuk kembali

meeting pengurus ipakar di rumah pak mulyadi membahas teknis yang di lakukan sebanyak 350.000 keluar kembali follow up mengenai masalah yang sudah di ajukan ke dpr selanjutnya melakukan tindakan apalagi yang harus di lakukan di sepakati untuk mendatangi ketua disnaker pak 

Silarturahmi dengan ketua disnaker sebanyak 800.000 untuk membahas pertimbangannya dan dari hasil tersebut sebanyak orang-orang bisa  direkomendasikan untuk bisa masuk kerja tetapi harus orang karawang.ini merupakan angin  segar bagi ipakar sendiri sebagia putra karawang

karena dari beberapa pengaduan ke berbagai lembaga belum juga mendapatkan hasil akhirnya serikat pekerja melakukan kembali mogok kerja dengan mengarahkan pasukan dan bantuan dari serikat pekerja lain mulai spsi,sppmi dll maka pada tanggal 3 juni 2015 ada agenda besar mogok kerja di pulogadung maka kami memberikan akomodisi bagi anggota yang berangkat.

selama menunggu hasil dari perjuangan yang terakhir kami melakukan Saya bersama 2 orang anggota mewakili Organisasi Ipakar untuk mendaftarkan beberapa agar bisa ikut dalam aktivitas tersebut berikut gambarnya.

hasil dari pertemuan tersebut akhirnya kami sepakat untuk memilh aman saja orang yang ikut dalam perjuangan dan mana yang ingin masuk agar masalah selesai di sepakati di bentuk panitia kordinasi perjuangan








hasil dari obrolan saat mengikuti jalan sehat 1000 pemuda akhirnya  melakukan pertemuan besar untuk seluruh anggota ipakar.

mengenai nasib para pekerja di rumah andri dari sana telah di sepakati beberapa anggota yang ingin bekerja kembali namun.dari pertemuan itu semua para anggota memberikan saran dan masukan agar perjuangan cepat terselesaikan dan memberikan informasi segar.

intinya dari hasil pertemuan itu sudah jelas bahwa mencoba membuat sebuah daftar mana saja anggota yang ingin masuk dan yang tidak selanjutnya mencari pihak yang bisa memberikan akses untuk bisa di perjuangankan.

semua sudah selesai dalam pendataan namun karena terhalang  oleh peraturan yang sudah di sepakati oleh perusahaan dan pemerintah (Disnaker) tidak meminta untuk memasukan kembali karena sudah ada perjanjian untuk bekerja 500.000.

Strategi perjuangan  ini pun gagal dan tidak memberikan hasil sampai dengan  lebaran.

28 juni 2015 adalah hari terakhir beberapa yang bisa hadir dalam acara buka bersama 800.000 keluar.dari selesainya bukber ini bahkan ada beberapa pekerja yang masuk pas waktu puasa sendiri-sendiri tetangga saya.

Itulah sekelumit cerita mengenai program kerja divisi internal ipakar dalam mengawal perundingan.selain itu di divisi lain seperti divisi sosial juga sudah berjalan.


walaupun dalam kondisi ketidak pastikan akan nasib pekerja dan khususnya anggota ipakar ada kabar gembira bahwa ada beberapa anggota yang melangsungkan hari bahagianya walaupun dalam kodisi yang tidak pasti mereka melakukan acara pernikahan pada saat kondisi tidak bekerja atau mogok kerja

salah satunya saudara kita seperti heri (QC) dan  4 orang yang melakukan acara pernikahan pada saat itu beberapa anggota ipakar pun ikut hadir dan berbagi kebahagian dengan mereka dari beberapa anggota yang pernikan cuman photo gambar pada saat pernikahan dengan heri saja yang di mediakan berikut gambarnya

Lukman aziz menikah bagian inf
heri heriyanto bagian qc
ari kristiawan bagian kbc
Nuryaman bagian inf

Selain dari kabar bahagia ada juga kabar yang tidak menggembirakan atau kabar duka diantaranya orang tua dari saudara kita suwarlim meninggal dunia.

Selainya hanya biaya anak yang di rawat sebanyak 9 orang.

Walaupun dalam keadaan yang sangat menyedihkan dan penuh energi yang harus di keluarkan tetapi program kerja termasuk sosial masih bisa di laksanakan.

saya sangat berterima kasih kepada seluruh anggota yang sudah ikut bareng dalam perjuangan dan juga terima kasih sudah bisa di jalankan program kerja organisasi











Sampai akhirnya Keluar kesepakatan puk  dan mangement

Masih teringat sekali pada saat menerima informasi mengenai hasil dari kesepakatan antara perundingan karyawan di wakili oleh puk dan juga management.


Banyak sekali kekecewaan pekerja (Anggota serikat pekerja) karena mereka menginginkan sebuah kesepakatan yang memuaskan dan ingin bekerja kembali bukan untuk keluar kerja,

Selain itu hasil yang ada di tulisan tidak sesuai dengan kenyataan apa yang sudah di bayarkan tidak sesuai dengan tulisanya.

 
Sehingga beberapa anggota terus melakukan perlawanan sampai saat sekarang dan masih ada group wa belum tahu juga sudah sampai mana informasi dan kinerjanya 

Jadi mudah-mudahan lewat tulisan ini bisa memberikan sebuah penjelasan yang lebih konkrit mengenai pengeluaran uang kas ipakar.

secara garis besar untuk uang kas masih ada di angka 2 juta jadi saya ingin mendapatkan masukan dari beberapa anggota ipakar yang sudah ada atau pun sebaiknya di bagaimanakan uang kas tersebut.


Bahkan saya sendiri siap untuk maju dan bertemu kawan kawan seperjuangan baik yang di dalam perusahaan dnp atau yang sudah keluar.

saya siap mempertanggung jawabkan semua apa yang sudah terjadi semoga silaturahmi kita tetap terjalin dan bisa menjadikan keluarga putra karawang menjadi lebih baik ke depanya.


Info lebih lanjut dan tanya2 atau ngajak ngopi 


WA 0856 9300 9003