Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 5 Masalah Kebocoran di Pintu Depan

Ada informasi mengenai kebocoran gas di kustomer p**er mesin stkm 100 bagian pintu depan sebelah kanan bawah.Sebelum kejadian kebocoran gas pada hari ini.Selasa tgl 15 maret 2022 sudah ada pergantian cooling packing front door oleh engineer Pak huda dan Dimas.


Sebelum kejadian kebocoran gas pada hari ini. pada hari Selasa tgl 15 maret 2022 sudah ada pergantian cooling packing front door oleh engineer Pak huda dan Dimas.Namun setelah selesai perbaikan tidak di lakukan pengecekan kebocoran gas di bagian pintu.Pengecekan kebocoran hanya di lakukan oleh kustomer bagian produksi di hari berikutnya (Rabu) pada hari rabu tersebut di temukan ada kebocoran gas di bagian pintu.


Metode pengecekan kebocoran gas di lakukan dengan memasukan Nitrogen ke dalam mesin pada tekanan 0.15_0. 25 Kpa.Selanjutnya memasang seal tape di bagian bawah.jika seal tape terbawa maka d pastikan ada kebocoran selain itu jika di raba dengan tangan akan terasa dingin.


Aksi pertama yang kami lakukan adalah melihat kerataan packing pintu dengan metode memasang tape kertas di atas packing kemudian pintu di tutup (press)
Dari hasil pengecekan pertama di temukan untuk bagian bawah sebelah kanan Ep 5 kurang rata lakban




Selain itu kami melihat adanya kebocoran di seal cylinder pintu bagian kiri dan kanan bagian atas.Analisa pertama kami mungkin karena tekanan pintu yang kurang menekan sehingga mengakibatkan kebocoran di bawah.Perbaikanya seal kit cylinder pintu depan di ganti dengan yg baru sebelah kiri & kanan (2 set).





Setelah selesai perbaikan seal cylinder dan pengetesan ulang kebocoran ternyata masih di temukan kebocoran
Kemudian kami lanjut ke analisa ke 2 Mungkin packing yang bocor kurang ketebalnya lalu perbaikan berikutnya menambahkan packing cooling di bagian dalam dengan cara memakai grafit packing.sepanjang 20 cm berbentuk L  


Lalu di lakukan pengecekan  dengan tekanan 0.1 kpa dan di dapati tidak ada kebocoran.Namun dari pihak customer untuk tekanan seperti itu masih belum masuk standar.Dan di pastikan masih ada kebocoran di daerah pintu.padahal kami sudah cek tidak ada kebocoran di sekeliling area.


Langkah berikutnya kami mencari masalah di mana titik kebocoran itu dan target utama kami coba mencari cara agar tekanan mesin bisa di angka 0.15-0.25 Kpa
Sehingga kecurigaan kami selanjutnya mungkin saja kebocoran ada di daerah dumper bagian atas
Aksinya melakukan pembongkaran pada dumper tersebut serta dilakukan pembersihan dan didapati dumpernya sudah haus




Untuk memastikan,apakah benar di sebabkan dumper aus. Percobaan berikutnya di cek dengan menutup lubang exhoust pakai tangan.Lalu di masukan nitrogen ke dalam mesin
Benar saja ketika lubang exhoust di tutup dengan tangan.Seiring itupula tekanan dalam mesin meningkat kali ini bisa sampai 0.25 kpa




Dari masalah ini ( tekanan cuman 0.1) di sebabkan karena dumper posisinya miring serta sudah haus (tidak menutup normal).Untuk sementara kami melakukan perbaikan dengan cara memasang tutup dumper yang miring agar tertutup




Setelah masalah exhoust sudah clear makan kita cek kebocoran kembali dengan tekanan nitrogen pada mesin, kali ini memakai tekanan 0.20-0.25 kpa.dari hasil pengetesan ini ternyata masih ada kebocoran.

Langkah selanjutnya melakukan penambahan packing menjadi double sehingga packing yang di ganjal jadi lebih tinggi 4_3 mm dari yang lain ketebalanya (10mm).


Dari pengetesan terakhir ternyata kebocoran sudah hilang serta  dinyatakan bahwa kebocoran sudah beres artinya tidak ada kebocoran adapun orang-orang yang mengecek kebocoran adalah soleh,selamat santoso dan juga pak partono.Namun karena pihak customer ingin memastikan dumper bermasalah maka setingan posisi dumper di balikan ke awal.


Benar saja ketika posisi dumper di balikan ke awal tekanan di bagian mesin jadi turun kembali ke 0.1 kpa. Tetapi ketika di tekan dengan tangan, akhirnya naik lagi sampai 0.25 kpa.


Dari hasil investigasi tersebut kami menyarankan untuk mengganti cover dumper exhoust baru.Pihak kustomer juga akhirnya meminta penawaran ke kami.Selanjutnya pembuatan penawaran akan di lakukan oleh bagian part sales